Pengikut

Ibadah Aja Bisa Futur Apalagi Ngeblog! Temukan Alasanmu dan Jadilah Blogger



Temukan alasanmu menjadi blogger


kikichemist.blogspot.com., Ngomongin soal dunia perblogeran, pertama kali aku mengenal dunia blog itu di akhir tahun 2018, waktu itu temen kos yang sekaligus saudaraku mengajakku untuk nemenin dia ikut suatu acara.

Aku gak tau nih acara apaan, tapi berhubung gratis yaudah berangkat deh, modal ongkos angkot. Nah, ternyata aku dibawa ke sebuah acara yang diadakan komunitas blogger, blogger sumut lebih tepatnya. Banyak banget materi yang dibawakan dan ada beberapa bagian yang aku kayak “hah?” karena gak paham.

Tapi, tetep dong ada ilmu yang kudapat dari sana. Pulang dari acara itu aku punya blog plus masuk ke komunitas tersebut. Wah, semangat banget tuh beberapa hari ngeblog tapi sayangnya gak bertahan lama sampai akhirnya aku di kick karena gak memenuhi aturan hiks.

Waktu itu, aku cuma berpikir keren nih jadi penulis blog dan gak punya niatan yang gimana-gimana untuk ngeblog karena kan ceritanya tersesat ke jalan yang benar, selain itu aku juga belum pandai merangkai kata untuk ditulis sebenernya hehe, alhasil suka beralesan gak punya ide.

Meski berulang kali disemangati, berulang kali dikasih tips tapi tetep aja isi kepala seketika menghilang semua waktu mau buat konten. Mungkin kalo gak ada niat yang jelas gitu ya, jadi gak ada alasan untuk bertahan.

Padahal orang-orang blogger itu sangat gak pelit ilmu loh, sekarang tinggal penyesalan yang bergentayangan. Temen-temen yang masih konsisten ngeblog dari acara itu udah mulai menampakkan hasilnya.

Sementara aku? Terpaksa harus mulai kembali semuanya dari nol. Anehnya, lagi-lagi saat memulai aku juga gak punya niatan ngeblog dari awal, cuma mau gabung komunitas aja gitu biar istiqomah nulis dan kayaknya hal ini bisa buat aku berhenti lagi untuk ngeblog. Jadi, aku putuskan untuk mengambil tindakan “bentuk niat” dan mulai menulis blog. Jadi, temukan alasanmu dan jadilah blogger!


Temukan Alasanmu dan Jadilah Blogger!

1. Mengikat ilmu

Pertama kali aku memutuskan kembali nulis di blog adalah untuk mengikat ilmu. Waktu itu, pada suatu malam aku harus buat konten untuk di bw sama komunitas yang baru kumasukin, tapi aku bingung gak tau mau buat konten apa.

Mau buat konten jalan-jalan tapi gak pernah jalan-jalan haha, konten review gak suka. Lalu tiba-tiba aku teringat buku catatan kajian yang hanya kucatat tapi tak pernah dibaca ulang. Alhamdulillah aku menemukan sesuatu yang bisa kutulis.

Saat itu tiba-tiba aku berpikir, daripada bingung-bingung mendingan aku tulis di blog belajarislammelulu.blogspot.com untuk ngikat ilmunya, lebih gampang juga kalo mau dibaca ulang. Alhasil beberapa materi kajian berhasil kutuliskan di blog dan aku jadi lebih sering membacanya. Semoga ada orang lain juga yang baca hehe.

2. Memberi manfaat

Setelah aku nulis catatan kajianku di blog, aku nemuin "Big Why" kenapa aku harus ngeblog, aku mau ada orang yang bisa tercerahkan dengan membaca tulisan itu. Paling gak, ada beberapa hal yang belum tau jadi diketahui sama pembaca.

Nah, itu dia aku tuh mau pembaca bener-bener dapet manfaat, dapet ilmu baru dari blog yang aku punya. Ntah kenapa itu jadi penambah semangat, meskipun ya penyakit malas atau suka nunda-nunda waktu masih menggerogotiku, tapi kuharap aku bisa terus kasih manfaat dari tulisan-tulisan yang kubuat di blog nantinya.

3. Self-Healing

Memang gak bisa dipungkiri ya, kalo nulis itu kebanyakan jadi self healing. Meskipun nyari referensinya kadang bikin mumet, tapi kalo tulisannya udah jadi kayak ada rasa bahagia tersendiri gitu. Aku nemuin self-healing ngeblog itu justru saat ikut challenge ngeblog dari blogspedia.

Ada salah satu tema tulisan tentang self-healing yang pada saat nulis itu aku bener-bener dalam keadaan terpuruk dan butuh healing. Ternyata, aku secara gak sengaja justru nemuin cara mengobati rasa terpuruk itu, dimulai dari situ juga aku jadi bisa nulis lagi setelah sekian lama aku gak bisa nulis karena suatu masalah. Ada perasaan lega dan sesuatu terlepas saat aku bisa nulisin itu.

Ngeblog itu ribet!

Ngeblog itu ribet! Iya ribet bagi orang yang gak mau belajar secara perlahan tapi pasti. Apalagi untuk orang yang konsistensi nulisnya masih dipertanyakan. Jangankan ngurusin template dan kawan-kawannya, untuk buat tulisan aja masih keboler-boler haha, itu aku.

Duh, kalo ngomongin konsistensi nulis aku adalah orang yang paling gak konsisten. Udah banyak banget motivasi yang masuk ke kepala ini. Baik dari senior-senior FLP, ataupun tulisan-tulisan motivasi tetep aja gak buat aku konsisten.

Nulis yang belum bisa kupegang konsistensinya jadi buat aku lumayan pusing untuk ngatur ini itu di blog. Saat ini, aku masih terus belajar dan berproses untuk bisa konsisten nulis. Seenggaknya ada beberapa motivasi dari orang-orang disekelilingku yang bisa kubagikan untuk kalian.

Atur waktu

Atur waktumu! Itulah kalimat yang sering kudengar saat ada yang memotivasi untuk konsisten nulis. Sebelum ngeblog, tentu kita harus ngelatih konsistensi nulis dulu kan? Gimana mau konsisten ngeblog kalo nulisnya aja gak konsisten, ya kan?

Dari beberapa materi yang pernah kudapat kira-kira begini “Sediakan waktumu satu atau dua jam sehari khusus untuk nulis, sempatkan menulis jangan menulis sesempatnya”

Begitu bunyi kalimatnya. Kita ditekankan ngasih waktu khusus untuk nulis, apapun itu yang ditulis. Pokoknya, dalam satu hari harus ada tulisan yang dihasilkan.

Intinya, kita harus buat jadwal, misal tiap jam 09.00 malam kita udah harus tinggalkan semuanya dan nulis, di jam 10.00 kita berhenti, begitu terus setiap hari.

Kalo dari materi yang pernah kudapat, kita gak harus langsung ngasih waktu satu jam, kalo belum bisa latihan dulu sekitar 30 menit, lalu kalo udah mulai terbiasa bisa ditingkatkan lagi.

Sebenarnya jadwalnya itu ya sama kayak sholat, jadiin wajib di jam segitu kita harus nulis atau ngeblog. Jadikan kewajiban sekaligus kebutuhan kita.

Ngatur waktu dan jaga niat buat ngeblog itu susah susah sulit wkwk, tapi kalo ngikutin mood aja, pasti kita gak mau konsisten, gak berusaha bertahan ngeblog.

Ibadah Aja Bisa Futur Apalagi Ngeblog! Temukan Alasanmu dan Jadilah Blogger. Kalo lagi futur ibadah kita harus berkumpul sama orang sholeh kan? Nah jadi kalo lagi males ngeblog kita cari aja temen ngeblog. Selamat ngeblog!




kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

11 komentar

  1. Judulnya artielnya asik banget didengarnya. Suka, deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihii makasih mbak. Semoga lain kali isinya juga bisa lebih asikk.

      Hapus
  2. Judulnya nampar 😶 emang harus disediakan waktu ya mba, bukan menunggu waktu luang

    BalasHapus
    Balasan
    1. he'em mbak. Jadi PR buat kita biar bisa management waktu.

      Hapus
  3. Konsisten melahirkan tulisan memang lebih susah daripada melahirkan blog ya kak. Semoga kita bisa terus konsisten melahirkan artikel yg bermanfaat atau menghibur pembaca setia blog kita.

    BalasHapus
  4. Semoga apa yang kita share bermanfaat, ya, Kak, apalagi hal-hal seperti kajian. Saya juga ingin menulis tentang Islam dan mengharapkannya menjadi amal jariyah.

    BalasHapus
  5. berasa tertampar diri ini bak, selama ini kemana aja nggak memanfaatkan waktu yang ada...

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhu iya nih mbak, saya juga merasa tertampar sendiri

      Hapus
  6. saya juga suka nih judulnya, jleb banget hehe

    BalasHapus

Posting Komentar